Mengapa SNSD Dicintai: TAEYEON

source : taengpa@soshified, taengbear@soshified, oniontaker@soshified, nyc@osen, bestiz.

credit : ferrerorocher9@snsdkorean

via : saraa@ninebeone

Posted by: lilintanggg (www.elfriendsone.wordpress.com)

TAKE OUT WITH FULL AND PROPER CREDITS

Thank you^^~

Nama Lahir: Kim Tae-yeon

Nama Panggung: Taeyeon

Grup: So Nyeoh Shi Dae / Girls’ Generation

Posisi: Leader & Main Vocalist

Tanggal Lahir: 9 Maret 1989

Ketika saya pertama kali bertemu Taeyeon, dia hanyalah seorang anak SMP kelas 7. Dia belajar dengan saya hanya seminggu sekali, namun kemampuannya berkonsentrasi lebih unggul dibandingkan dengan teman-temannya pada usia yang sama. Ketika saya melatih Taeyeon, dia tidak terlihat seperti seorang anak anak. Saya selalu percaya bahwa suatu hari nanti dia akan menjadi sesuatu“. – Jung Wonsun, pelatih vocal

Selain wajahnya yang cantik dan kemampuan menyanyinya. Mari kita membicarakan hal lain tentang Kim Taeyeon.

SANG LEADER

Menjadi leader tidak mudah, terutama jika Anda tidak siap untuk menjadi leader. Ketika SNSD terbentuk, Taeyeon menjadi leader secara otomatis karena ia lah yang tertua. Ia tidak benar-benar ingin menjadi leader, ia memiliki sifat kekanakan dan rendah hati, bagaimana ia bisa mengelola dan memimpin 9 member yang begitu aktif? Taeyeon juga hampir meninggalkan SNSD di masa debut mereka. Ia lari dari pelatihan larut malam karena masa-masa itu ia rasa terlalu sulit. Jadi bagaimana ia bisa membimbing dan menyatukan sembilan orang member kedalam sebuah grup? Namun nyatanya sekarang, ia berhasil melakukannya dengan sangat baik.

Sangat mudah bagi Taeyeon untuk mencuri semua spotlight. Ia seorang main vocal. Ia memiliki looks. Ia memiliki dorky personality. Ia seorang leader. Namun ia tidak melakukannya. Ia memilih menjadi leader yang paling tidak speak up di dunia Kpop karena ia ingin memberikan membernya kesempatan yang sama untuk menonjol dan berbicara. Ia sadar SNSD bukan one-man show. Ia tidak perlu selalu menjadi juru bicara. Ia tidak perlu menjadi pusat kelompok. Ia tidak perlu melakukan semua pidato-pidato penghargaan. Sebaliknya, ia membiarkan Yoona menjadi pusat. Sebaliknya, ia membiarkan Sooyoung menjadi juru bicara. Sebaliknya, ia membiarkan Tiffany menjadi manajer. Sebaliknya, ia membiarkan Sunny mengambil posisi kelinci energizer. Sebaliknya, ia membiarkan bocah-bocah lain memberikan pidato penghargaan. Sebaliknya, ia membiarkan bocah-bocah lain bersinar. Taeyeon memilih untuk memimpin dengan aksi diam-diam, dengan bakat, dan teladan. Ia moderator pasif dari grup, melangkah hanya bila diperlukan, dan bertindak sebagai pilar agar yang lain bisa bersandar, bukan memimpin dengan keras. Gaya kepemimpinan Taeyeon membuat semua member merasa nyaman, membuat mereka dapat berkomunikasi dengan mudah.

Terima kasih untuk Taeyeon karena telah menjadi leader yang baik… leader yang seperti teman”. – Sooyoung

Banyak orang meremehkan Taeyeon karena gaya kepemimpinannya ini, tapi apa yang bisa mereka katakan melihat kesuksesan Taeyeon membawa kesembilan member SNSD bersama-sama sejak awal debut menjadi girl group terbesar Korea, bahkan Asia, dengan sekian banyak prestasi sekarang? Taeyeon memang bukan leader terbaik yang pernah ada, tetapi ia lah orang terbaik untuk memimpin SNSD. Taeyeon bukan presiden Korea atau Asia, ia leader SNSD, hanya SNSD. Ia tidak akan, dan tidak perlu memamerkan keterampilan kepemimpinannya untuk dilihat semua orang. Ia hanya perlu memimpin bocah-bocahnya di belakang layar ketika bocah-bocah itu membutuhkannya. Itu saja. Saya percaya seorang leader yang hebat bukanlah yang mengatakan “Saya terlahir untuk memimpin Anda semua“. Seorang leader yang hebat akan menemukan dirinya tidak layak sebagai leader, namun tetap memberikan 200% usaha untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai leader. Itulah cara yang sederhana dari leader Taeyeon ketika ia berkata “Saya sangat tidak seperti leader “.

Taeyeon hanya berpikir dirinya tidak layak, sementara member lain bersikeras ia adalah seorang leader yang hebat. Hasil kepemimpinannya terbukti, grup mereka memiliki chemistry dan sinergi yang sangat kuat selama lebih dari empat tahun.

TEMAN TERBAIK

Persahabatannya dengan bocah-bocah lain sangat jelas dan tak terbantahkan. Ia tak pernah membiarkan fakta ia adalah “leader” muncul dalam persahabatannya dengan para bocah. Ia memimpin pembicaraan antar member setiap hari, memastikan semua orang mengeluarkan pikiran mereka, baik atau buruk. Ia membagikan minum saat semuanya kehausan pada konser mereka. Ia memastikan semua orang bangun tepat waktu. Ia melakukan segalanya untuk membuat para gadis terus maju. Ia menyatukan semua bocah-bocah ini. Ia membuat persahabatan di SNSD terjalin sangat kuat. Ia membuat semua member bisa bersinar. Bahkan meskipun ia seorang leader, ia tidak menggunakannya sebagai suatu keuntungan. Taeyeon ingin mereka bersama sebagai SNSD selamanya.

PURE

Ia memiliki hati yang murni. Taeyeon tidak hanya peduli terhadap membernya, tapi juga terhadap orang lain. Sekali waktu Taeyeon menangis karena ia merasa tidak enak, ia dan member lain makan di atas meja, sementara para staf makan di lantai.

Dalam sebuah fan account, seseorang bercerita ia mengunjungi toko kacamata orangtua Taeyeon. Ibu Taeyeon kemudian berbicara tentang percakapannya dengan putrinya saat SM Town Live Concert di Seoul.

Ibunya berkata, “Bekerja begitu keras untuk menyanyi dan menari di atas panggung saat cuaca panas sangat melelahkan bukan?“.

Apa jawaban Taeyeon?

Tapi kami setidaknya dapat pergi ke belakang panggung dan beristirahat di tempat yang dingin… Sementara para fans harus tetap menonton di tempat yang panas. Mengapa saya harus merasa lelah, para fans lah yang seharusnya merasa lelah“. – Taeyeon

AHJUMMA STYLE

Dalam bahasa Korea, ‘ahjumma’ biasanya seorang perempuan yang sudah menikah atau sudah tua, 30 tahun ke atas. Taeyeon memiliki banyak Ahjumma-Style sehingga ia dijuluki ‘Jummataeng’. Ia bertindak dan berbicara seperti ahjumma. Ia bahkan tertawa seperti ahjumma juga.

INDEPENDEN

Saat ia mengambil kegiatan solo, ia mampu mengelolanya sendiri dengan sukses. Oke, kita semua lebih suka ia bersama-sama dengan 8 member lain, tetapi ketika Taeyeon berpromosi sebagai solois dan bernyanyi di atas panggung sebagai dirinya sendiri, ia tidak pernah gagal.

Dia memiliki keterampilan menjadi penyanyi solo. Suaranya tidak kuat, tapi dia memiliki kemampuan luar biasa untuk mengekspresikan emosi, yang jarang untuk orang seusianya.” – 30 pelatih vokal, 27 koreografer, dan 18 ahli bedah plastik pada survey di EDaily!

Ketika ia meluncurkan sebuah lagu solo, mereka dengan cepat naik ke papan atas chart musik. If, Can You Hear Me, Like A Star, I Love You, bahkan yang terakhir Missing You Like Crazy.

Taeyeon adalah penyanyi yang menakjubkan. Dia memahami lagu secara keseluruhan dan menyatakan setiap detail dengan sangat tepat. Dia menyelesaikan rekaman dalam hanya dua jam. Meskipun lagu ini membutuhkan note terendah yang bisa dilakukan penyanyi wanita, Taeyeon mengeksekusinya dengan sempurna. Kami mampu memproduksi lagu dengan kualitas terbaik, range yang lebar dan kaya ekspresi“. – Park Hae Woon, produser Missing You Like Crazy

Saya tidak bisa mempertimbangkan orang lain selain Taeyeon untuk menyanyikan lagu ini“.- Lee Pil Ho, sound director “The King Two Hearts”

Taeyeon benar-benar bisa bernyanyi dengan baik. Meskipun saya belum pernah melihatnya bernyanyi live, setelah mendengarkan lagu rekamannya, saya pikir dia memiliki vokal yang luar biasa. Selama rekaman, Anda dapat mendengar suara penyanyi yang sebenarnya dengan jelas. Tanpa efek lain ataupun mixing. Saya sangat terkesan dengan nyanyian Taeyeon. Teknik-nya, feel dari lagu tersebut, semuanya, keluar dengan sangat baik. Sebagai arranger, saat mendengarkan vokal seorang penyanyi, saya dapat merasakan bagaimana mereka. Mendengarkan penyanyi bernyanyi, selalu ada kekhawatiran tentang bagaimana ‘mencocokan mereka dengan lagu’. Namun, suara Taeyeon tampaknya ‘cocok dengan semua lagu’ “. – Don Spike, arranger dan komposer terkenal

Ketika Kangin Super Junior, partner host nya di ‘Chin Chin Radio’ pergi, ia bertahan menjadi host acara radio tersebut sendirian, 2 jam setiap hari, selama lebih dari setahun (hosting terakhir Kangin adalah tanggal 19 April 2009 sementara Taeyeon tanggal 25 April 2010).

Kau begitu dewasa dan seperti seorang kakak bagi saya setelah sekolah menengah. Tidak hanya itu, tekad mu seperti seorang profesional. Jujur dan ramah, sehingga membuat saya selalu menundukkan kepala kepadamu. Kepercayaan saya padamu 200%. Saya tahu kamu akan melakukan semuanya dengan baik karena kamu adikku. Keluarga kita selalu di sini untukmu. Aku mencintaimu“. – Kim Ji Woong, kakak Taeyeon

BERANI

Ia tidak takut mencoba hal baru. Apakah itu melompat dari tebing dan menyelam ke dalam air, atau bungee-jumping untuk pertama kalinya. Ia tidak takut menghadapi hal-hal baru yang ia anggap baik. Jika Anda ingat dengan masalah ear piece nya saat perform ‘My Life Would Suck Without You’ beberapa tahun lalu, ia dengan berani menyuarakan kritiknya pada siaran Live Music Bank.

Saya ingin memberikan tepuk tangan untuk semua artis di luar sana karena mereka bekerja begitu keras dan melakukannya dengan baik. Jadi saya berharap Music Bank akan memberikan dukungan terbaik untuk semua artis sehingga mereka dapat melakukan yang terbaik juga“. – Taeyeon

Dalam siaran ‘MBC Golden Fishery – Radio Star’ tanggal 9 November 2011 dimana Park Haemi, Im Taekyung, dan SNSD Taeyeon, Jessica, serta Tiffany menjadi bintang tamu, Taeyeon menegur seorang host karena menggunakan istilah negatif untuk fans Girls ‘Generation. Taeyeon mengatakan bahwa dia harus melakukan adegan ciuman dalam drama musikalnya. Kim Gookjin, salah satu host Radio Star kemudian bertanya, “So-Duks menentang itu?“. Setelah ia bertanya, para member SNSD terlihat terkejut, Kim Gookjin kemudian menjelaskan istilah So-Duks yang ia maksud, “SOnyuhshidae DUKhoos“. Mendengar ini, Taeyeon langsung menegur, “Itu bukan istilah yang bagus untuk memanggil fans kami“. Host tersebut kemudian terlihat malu dan Yoon Jongshin, host yang lain, kemudian berkata, “Kami ditunjukkan tentang hal yang sangat tidak bagus oleh yang lebih muda disini,” dan meminta maaf dengan mengatakan, “Kami tidak akan menggunakan istilah itu lagi“. Istilah “dukhoo” berasal dari bahasa Jepang ‘ottaku’ yang berarti seseorang yang sangat terobsesi dengan suatu hal.

PASSIONATE

Banyak orang akan setuju bahwa ia adalah salah satu orang yang sangat bergairah dalam hal musik.

Ketika rekaman telah lewat pukul 11.30 malam, saya mengatakan kepada Taeyeon untuk segera bergegas pulang. Saya masih berpikir ia seorang siswi, tapi saya keliru, Taeyeon telah matang menjadi seorang wanita terhormat, ia mengatakan bahwa ia akan tinggal sampai kami selesai rekaman“. – The One, pelatih vokal dan partner duet Taeyeon dalam ‘Like A Star’.

Ia bekerja keras dan menempatkan effort yang besar dalam segala hal yang dilakukannya. Beberapa tahun lalu selama promosi Run Devil Run, ia juga menjadi host ‘Chin Chin Radio’ dan MC di acara ‘Win Win’. Pada satu titik, ia jatuh sakit karena jadwal sibuknya. Tapi ia masih mencoba untuk datang ke studio rekaman ‘Win Win’, walaupun ia akhirnya tidak bisa menyelesaikan rekamannya dan harus pergi karena terlalu lemah. Dalam episode tersebut MC lain menyatakan, “Taeyeon tidak akan mengambil bagian dalam rekaman karena ia kelelahan dan menderita flu berat akibat jadwal sibuknya“. Choi Hwajung kemudian menambahkan, “Taeyeon datang untuk syuting, tapi ia tidak dalam kondisi baik, ia bahkan menangis. Karena sulit baginya untuk meneruskan rekaman, ia kembali”.

Yoona menerima “Special Oricon Award” mewakili semua anggota belum lama ini. Setelah pidato penerimaan, Yoona meminta Taeyeon yang menjadi MC di acara itu untuk menyampaikan pidatonya sendiri. Taeyeon kemudian memberikan pidato penerimaan award singkatnya di tempat MC berdiri. Joo Younghoon, partner MC nya menjelaskan, “Kuku kaki Taeyeon robek saat penghargaan. Dan dia masih melakukan tugasnya sebagai MC sementara ia berperang melawan rasa sakit“. Taeyeon yang tidak mau membuat semua orang khawatir, menjawab, “Anda tidak harus mengatakan begitu banyak detail. Hanya sakit sedikit“.

OPTIMIS

Taeyeon selalu terlihat optimis, terutama ketika menyangkut masalah tinggi badannya. Sooyoung seringkali menggoda tinggi badannya, tapi ia masih berpikir ia bisa tumbuh.

Rumah sakit mengatakan begitu, ‘hormon pertumbuhan Anda belum berhenti!‘ “. – Taeyeon

Ada beberapa cara untuk melihat tinggi badan Anda yang kurang beruntung. Anda dapat:

1. Mengeluh sepanjang hari

2. Menggunakannya untuk keuntungan Anda

Taeyeon jelas memilih opsi 2. Ia mengaku dirinya suka berdiri di antara member yang lebih tinggi sehingga ia dapat menarik sedikit perhatian karena perbedaan ketinggian yang jelas. Pintar? :D

Ia juga enjoy dan tak pernah mempermasalahkan tinggi badannya. Bahkan ia sering menjadikannya sebuah lelucon. Suatu waktu seorang fan bertanya dalam lewat UFO “Taenggoo.. apa kelemahanmu?“, tebak apa jawabannya?

Tidak bisa menggapai tempat-tempat yang tinggi~” – Taeyeon

DORKY

Yang terbaik untuk yang terakhir! Meskipun ia yang tertua dari semua member, ia salah satu member yang paling ceria dan menggemaskan. Mengapa? Ia member yang paling dork!

Semua kepribadian inilah yang membuatnya menjadi orang yang spesial. Saya berharap kepribadiannya tidak akan pernah berubah.

5 thoughts on “Mengapa SNSD Dicintai: TAEYEON

  1. sunggu aku Bangga Jadi SOWON,Taeng Pantes Jadi Inspirasi Buat Semua,

    Apalagi Pas Taeng Unnie Nanggepin para SAFER Yang Bully SONE

    Taeng : Buat Para SAFER, Jika kalian Ingin Membenci, jangan Benci SONE, Benci saja Kami ( soshi ), Karena Yang seharusnya Di benci Bukan SONE, Tapi Kami

    Salut sama Taeng Unnie, Kid Leader, TaeDorky, AhjummaTae dan Satu TAEYEON The Best Leader Girls Groub

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s